10/07/2009

ARTI SYUKUR

SERINGKALI kita mendengar kata syukur. Namun banyak orang tidak tahu apa arti syukur, apalagi hakikatnya. Bersyukur kepada Allah adalah bentuk serah diri manusia kepada sang pencipta. Karunia atau nikmat yang telah diberikan Allah begitu banyak. Di antaranya bisa hidup dengan tubuh dan jiwa yang sehat, makan dan minum, bisa mengenyam pendidikan, dan bisa mendapatkan berbagai kenikmatan dunia lainnya.
"Termasuk wajib bersyukur menjadi seorang muslim. Menjadi muslim itu kebanggaan tersendiri dan tentu saja anugerah terindah yang kita miliki. Tak bisa ditukar dengan apa pun. Itu sebabnya, mari kita bersyukur,"

Setiap orang pasti merindukan hidup bahagia, baik dan benar. Ilmu, harta, jabatan, gelar, rupa dan aksesoris duniawi lainnya bukanlah satu jaminan untuk mendatangkan kemuliaan, ketenteraman, kenikmatan dan kebahagiaan dalam hidup. "Oleh karena itu manusia harus mengenal kunci bersyukur, salah satu jalan menuju kebahagiaan,"
Yang pertama, manusia tidak merasa memiliki dan dimiliki kecuali meyakini segalanya milik Allah. Tiap manusia harus paham bahwa ilmu, harta, jabatan, gelar, rupa serta aksesoris duniawi lainnya adalah amanah yang akan diminta pertanggungjawabannya di akhirat kelak.

"Maka, keyakinan bahwa segalanya hanya milik Allah adalah kunci yang sangat luar biasa dampaknya bagi kenyamanan dan kebahagiaan hidup. Apa pun, bila telah yakin, tak akan membuat seseorang jadi sombong dan takabur.

Yang kedua adalah selalu memuji Allah dalam segala kondisi. Lisan manusia harus terbiasa mengucapkan syukur. "Pujian yang selayaknya ditujukan kepada Allah dalam segala kondisi, baik senang maupun susah,".

Yang ketiga, menggunakan nikmat Allah sebagai jalan kesuksesan dunia dan akhirat. "Nikmat adalah kendaraan di jalan Allah. Segala sesuatu kelebihan yang kita miliki seharusnya makin mendekatkan diri kita kepada Allah,"

Yang keempat adalah tahu balas budi dan berterima kasih kepada orang lain. Hal tersebut bisa dilihat dalam sabda Nabi Muhammad; "Barang siapa yang telah berbuat kebaikan kepada kalian, maka hendaklah kalian membalasnya, jika kalian tidak mampu membalasnya, maka berdoalah buatnya, hingga kalian tahu bahwa kalian telah bersyukur. Sebab Allah Tuhan Yang Maha Kuasa tahu berterima kasih dan sangat cinta kepada orang-orang yang bersyukur".

Seseorang bisa pintar, kaya dan maju adalah karena jasa orang lain. Ingatlah jasa orang-orang tersebut. Begitu banyak tangan-tangan di luar diri kita pribadi yang berjasa mengantar kita memiliki segalanya. "Sebuah kekeliruan dan kesombongan besar jika kita menyangka bahwa semua yang telah didapat itu adalah hasil dari tangan kita sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Free Blog Templates

Powered By Blogger

Blog Tricks

Powered By Blogger

Easy Blog Tricks

Powered By Blogger

Great Morning ©  Copyright by Saefulloh Marjan Family | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks